Selasa, 28 Januari 2020

Ini 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membeli Mobil di Lelang Mobil




Anda ingin membeli mobil bekas namun berkualitas? Tak lupa dengan harga yang tentunya jauh lebih miring. Solusinya adalah membeli mobil di lelang mobil! Lelang mobil saat ini banyak dipilih karena selain harganya yang lebih murah dari harga di dealer, merek dan tipe mobil yang ditawarkan pun sangat beragam. Nah, sebelum itu, ada baiknya Anda ketahui dulu 5 hal yang perlu dipersiapkan sebelum membeli mobil di lelang mobil berikut ini. 

1.    Memilih Balai Lelang

Yang pertama dan yang paling utama adalah memilih balai lelang yang tepat. Dalam memilih balai lelang tentu tak bisa sembarangan, Anda harus cermat dalam memilih balai lelang yang terpercaya, seperti IBID Astra. IBID - Balai Lelang Serasi adalah balai lelang terbesar di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2007. Setiap minggunya, IBID mengadakan lelang rutin di lebih dari 10 kota-kota besar di Indonesia. Jika ditotal, frekuensi lelang perbulannya lebih dari 50 kali, dengan jaringan lelang nya yang tersebar di lebih dari 30 kota. 

2.    Pahami Prosedur Lelang

Hal kedua yang dapat Anda persiapkan sebelum membeli mobil di lelang mobil adalah memahami bagaimana prosedur lelang tersebut. Jaman sudah semakin canggih, semua informasi dapat Anda cari dengan mudah menggunakan smartphone milik Anda. Anda dapat membuka website Lelang Mobil IBID dan jangan ragu untuk bertanya melalui live chat atau mengunjungi media sosial IBID guna mencari informasi terkait prosedur lelang. 

Secara garis besar, tata cara lelang di IBID adalah pertama, cari terlebih dahulu kendaraan pilihan Anda lau cek jadwal lelang. Setelah itu, Anda dapat mengecek detail kendaraan pilihan Anda, dan lakukan registrasi dengan mengisi data diri lengkap serta membeli NPL atau Nomor Peserta Lelang. Setelah itu ikuti lelang dengan memilih dari 3 opsi lelang yang disediakan oleh IBID, yakni lelang onsite, live auction, atau online. Jika Anda berhasil memenangkan mobil pilihan Anda, Anda hanya perlu melakukan pelunasan pembayaran. Jika Anda belum beruntung, uang Anda akan dikembalikan melalui rekening yang telah Anda daftarkan. Langkah terakhir, jika pembayaran sudah beres serta dokumen-dokumen sudah lengkap, Anda tinggal mengambil mobil pilihan Anda.

3.    Memilih dan Memeriksa Kendaraan

Setelah Anda memahami bagaimana prosedur lelang mobil di IBID, selanjutnya Anda dapat memilih kendaraan pilihan Anda. Jangan lupa periksa dengan teliti jenis dan tipe mobil, kapan tahun produksinya, bagaimana kondisi fisik mobil dilihat dari warna dan tingkat kemulusannya, lalu tak lupa memeriksa bagian dalam mobil tak terkecuali mesin. Selain itu, kelengkapan dokumen juga perlu Anda perhatikan.

IBID menyiapkan open house yang dilakukan 3 hari sebelum lelang akan berlangsung. Saat open house itulah, para peserta lelang dapat melihat kondisi mobil secara detail. Jika Anda kurang memahami tentang mobil, Anda dapat membawa teman Anda yang lebih ahli dalam dunia mobil, sehingga nantinya Anda tak salah dalam memilih mobil.

 

4.    Mencari Tahu Riwayat Perbaikan

Mengetahui lebih lanjut mengenai riwayat perbaikan penting dilakukan agar Anda tau persis bagaimana kondisi mobil sebelumnya. Anda dapat menanyakan kepada petugas mengenai hal ini, nantinya petugas akan menginformasikan kepada Anda perbaikan bagian mana saja yang telah dialami oleh mobil tersebut.

5.    Mengikuti Lelang

Hari lelang tiba, saatnya Anda mengikuti lelang. IBID menyediakan 3 opsi lelang yang dapat Anda pilih. Jika Anda ingin datang langsung ke lokasi lelang, Anda dapat memilih lelang onsite. Jika Anda berhalangan hadir dan ingin mengikuti lelang secara real time melalui smartphone Anda, pilih opsi live auction. Jika Anda ingin mengikuti lelang online yang tak terikat jadwal dan waktu, pilih opsi online.

Itulah 5 hal yang perlu Anda persiapkan sebelum membeli mobil di lelang mobil. Semoga bermanfaat dan semoga beruntung!


EmoticonEmoticon