Senin, 13 Januari 2020

MENGENAL PENYEBAB UMUM PENYAKIT HASHIMOTO





Penyakit hashimoto adalah satu dari sekian penyakit yang timbul karena masalah autoimun. Penyakit ini adalah kondisi di mana kelenjar tiroid mengalami peradangan. Dikutip dari alodokter.com, peradangan pada kelenjar tiroid membuat kelenjar ini membesar. Kondisi ini menyebabkan penderita mengalami komplikasi penyakit gondok. 

Hashimoto sendiri adalah kebalikan dari graves. Jika graves memungkinkan kelenjar tiroid menghasilkan hormon secara berlebihan, hashimoto justru kebalikannya. Penyakit ini membuat tubuh kekurangan hormon tiroid. 

Dikutip dari hellosehat.com, kekurangan hormon tiroid bisa sangat mengganggu fungsi organ. Oleh karena itu, penyakit ini harus sangat diperhatikan. 

Mengetahui penyebab umum penyakit hashimoto adalah satu dari sekian cara pencegahan. Cara ini terbilang sangat mudah. Dengan mengetahui penyebabnya, sedikit banyaknya Anda akan dapat menghindari penyakit ini dengan lebih praktis dan tidak merepotkan.

Nah, yang menjadi pertanyaan kemudian adalah; apa saja hal yang menyebabkan penyakit hashimoto muncul? Untuk tahu lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut. 

PENYEBAB UMUM PENYAKIT HASHIMOTO

Di bawah ini adalah beberapa hal yang menyebabkan penyakit hashimoto muncul. Hal-hal ini ada yang bisa dihindari dan ada yang tidak bisa dihindari. Namun demikian, mengurangi resiko dengan mengenali penyebab suatu penyakit adalah cara paling mudah untuk mencegah penyakit itu sendiri.
Secara umum penyebab dari gangguan kesehatan ini adalah serangan yang diberikan oleh sistem imun dalam tubuh. 

Ya, sistem imun yang harusnya melindungi organ dari virus dan bakteri justru bertindak sebaliknya. Sistem imun justru menyerang kelenjar tiroid hingga membuatnya peradangan yang tidak bisa menghasilkan hormon tiroid. 

Di luar penyebab di atas ada beberapa faktor resiko yang harus juga diketahui. Faktor resiko sendiri adalah hal yang meningkatkan resiko hashimoto. Faktor tersebut di antaranya adalah: 

Genetik

Ini adalah faktor yang tidak bisa dielakan. Jika orang tua Anda memiliki masalah dengan hashimoto, besar kemungkinan Anda juga akan mengalami hal yang sama. Atau jika Anda memiliki keluarga dengan riwayat autoimun, Anda memiliki peluang yang sama untuk terjangkit hashimoto. 

Kelebihan iodin

Beberapa peneliti menyebutkan bahwa ada hubungan erat antara penggunaan obat dengan iodin dengan kemunculan hashimoto. Mereka menambahkan bahwa penggunaan obat demikian memunculkan resiko yang lebih besar terkena hashimoto. 

Radiasi

Selain karena  pengaruh obat dan genetik, beberapa penderita juga mendapatkan hashimoto dari radiasi.
Ya, mereka yang menggunakan radiasi untuk pengobatan dan lainnya, mereka berpeluang besar mendapatkan masalah hashimoto. Biasanya penderita akan mendapatkan masalah hashimoto pada paparan radiasi yang tinggi. Ini terjadi sebagaimana efek samping. 

Riwayat penyakit autoimun

Sama halnya dengan penderita graves, mereka yang memiliki penyakit autoimun memiliki peluang yang sama menderita hashimoto.
Seperti yang Anda tahu, hashimoto sendiri adalah gangguan kesehatan yang timbul karena  masalah autoimun. Dengan kata lain, saat Anda memiliki masalah dengan autoimun, Anda memiliki peluang yang sama menderita gangguan kesehatan ini.
Pada beberapa kasus hanya orang-orang yang pernah terkena rhematoid, diabetes tipe 1, dan lupus saja yang punya resiko besar. Namun demikian, ini bukan jaminan bahwa Anda yang memiliki autoimun di luar itu bisa santai dan tidak memikirkan resiko yang sama. 

Usia

Pada dasarnya usia bukan menjadi poin utama dari faktor resiko ini. Akan tetapi, pada perkembangannya, beberapa penderita akan mengalami masalah hashimoto pada usia tertentu. Usia yang rentan terkena hashimoto adalah usia 25 – 40 tahun. 

Itulah beberapa penyebab utama penyakit hashimoto. Mengetahui penyebab penyakit ini sama saja dengan mempelajari penyakit untuk kemudian dilakukan tindakan pencegahan. Tindakan tersebut dilakukan dengan menghindari segala faktor resiko.


EmoticonEmoticon