Selasa, 17 Maret 2020

7 Cara Merawat Jersey Printing Agar Tetap Awet



Bikin jersey futsal di tempat printing hantu biayanya berbeda-beda tergantung budget yang dimiliki. Jika kualitasnya bagus maka harganya juga akan lebih mahal. Tapi ada beberapa vendor yang memberikan harga terjangkau dengan kualitas tinggi. Untuk baju jersey futsal kesayangan kamu, ada beberapa cara untuk merawatnya supaya tetap awet meskipun sering dipakai untuk latihan futsal ataupun bertanding futsal. 

Kamu pasti memiliki baju jersey futsal lebih dari satu, jadi sayang sekali bila tidak tahu cara merawatnya dengan benar. Baju jersey yang tidak dirawat meskipun harganya mahal maka printingnya bisa saja mudah rusak karena kamu tidak tahu teknik yang benar. Dari proses pencucian, penjemuran, dan tentu saja ketika disetrika. Baju yang awet tentu membuat senang karena kamu tidak harus membeli yang baru dalam jangka waktu lama. Simak berikut ini beberapa cara yang harus diikuti.

1. Cuci Dengan Cara Manual
Sebaiknya cuci jersey dengan cara manual dan hindari mencuci dengan mesin cuci. Ini karena bisa membuat bahan jersey jadi mudah robek dan hasil sablon seperti di bagian logo atau punggung mudah terkelupas. 

Meskipun jersey yang kamu miliki memiliki kualitas tinggi tapi bila dicuci dengan mesin cuci terus menerus maka tidak akan pernah bisa awet. Karena mesin secara otomatis menggiling pakaian tanpa rasa kelembutan.

2. Cuci Dengan Teknik
Sebaiknya kamu menggunakan teknik dikucek saja saat mencuci baju jersey. Jika baju bekas digunakan untuk bertanding terasa bau dan masih kotor kamu cukup membilasnya berkali-kali saja dengan menggunakan deterjen dan pewangi berkualitas supaya bikin jersey futsal tetap lembut dan harum.

3. Memberikan Pewangi
Sebaiknya saat merendam pakaian dengan pelembut atau pewangi jangan sampai lebih dari 10 menit. Perendaman yang berlebihan akan membuat bahan jersey jadi mudah rapuh.

4. Perhatikan Proses Pemerasan
Saat memeras baju jersey yang telah dicuci baiknya hindari bagian yang terdapat gambar atau desain nya seperti di logo atau di punggung. Karena jika kamu memeras baju Jersey di bagian yang terdapat printing membuat bagian ini jadi terlipat. 

Apalagi jika hasil printingnya memiliki kualitas yang tidak terlalu bagus makan nanti saat kering sablonnya bisa rusak jika lipatannya ditarik.

5. Perhatikan Proses Penjemuran
Saat melakukan penjemuran biasa kan jangan dijemur langsung pada alat jemur.  Baiknya kamu menggunakan hanger dan dijemur dalam posisi baju jersey terbalik.

6. Proses Penyetrikaan
Saat menyetrika usahakan juga dalam posisi terbalik dengan suhu yang hangat agar jersey tidak melepuh terkena suhu panas pada setrikaan. 

Teknik menyetrika adalah dengan menekan dan menggeser, jangan sampai menggosok permukaan jersey karena tidak akan rapi. Hindari juga menyetrika bagian yang terdapat printing karena ditakutkan sablonnya rusak.

7. Setelah Disetrika
Setelah pakaian di setrika jangan dilipat tapi disimpan menggunakan hanger di dalam lemari. Atau jika tidak memiliki hanger letakkan baju di atas pakaian yang lembut agar tekstur sablon pada jersey tidak rusak.

Nah itu tadi cara perawatan baju jersey futsal yang baik dan benar supaya hasil printingnya tetap awet. Jadi kamu tetap keren saat menggunakan jersey futsal favorit kamu. Sebaiknya gunakan baju futsal hanya saat bertanding atau latihan saja, jangan gunakan   untuk sehari-hari. Bikin jersey futsal jika digunakan lebih sering makan sablonnya lebih cepat rusak meskipun kamu mencucinya dengan tepat karena terkena deterjen dan pewangi lebih banyak.


EmoticonEmoticon